Oleh : Yuliana Dewi Mulianti
Tanggal Upload : 14 Januari 2017
Usia Si Kecil : 6 Tahun
Yuk Main Foosball bersama Chil*Go!
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan interpersonal didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk bisa memahami orang lain, termasuk bagaimana perasaan mereka serta hal-hal apa yang memotivasi dan mengganggu mereka.

Foosball atau Table Soccer, adalah permainan sepak bola yang dilakukan diatas meja. Permainan ini dapat menstimulasi salah satu kecerdasan emosional, yaitu kecerdasan interpersonal pada anak, karena anak dapat diajak untuk berlatih tentang sportivitas dalam permainan berkelompok.

Permainan foosball ini juga bisa melatih kemampuan motorik tangan, koordinasi antara mata, tangan dan otak pada anak.

Selain itu, anak juga dapat melatih kecerdasan intelegensinya tentang strategi, bagaimana caranya membuat bola dapat masuk ke gawang yang telah ditentukan.

 

Kami melihat, Brigitta di sekolah senang berinteraksi, bermain bersama teman-temannya. Adapun ide permainan foosball ini berawal dari pengalaman pribadi saya pernah melihat langsung permainan ini.

Untuk cara bermain foosball yang ada di dalam video, kami permudah sesuai dengan kemampuan pemahaman anak seusia Brigitta.

Misalnya: jumlah orang yang seharusnya ada 4 orang, kami sederhanakan menjadi 2 orang saja. Jumlah orang yang sedikit mempengaruhi ukuran kotak foosball-nya, sesuai dengan ukuran tubuh anak-anak, dan mudah dibawa kemana-mana.

 

Bahan dan peralatan yang diperlukan untuk membuat foosball ala Brigitta:

1.) 1 buah dos karton Chil*Go!

2.) 8 buah sedotan (4 warna merah + 4 warna biru)

3.) 12 buah sumpit utuh + 2 sumpit dipotong menjadi dua

4.) 8 Potongan karton seukuran dan sejumlah sama dengan gambar figur pemain foosball.

5.) Selotip besar dan kecil, lem castol, gunting.

6.) 1 lembar kertas asturo warna hijau.

7.) Spidol, 1 lembar kertas putih, 1 lembar kertas bekas/koran.

 

Cara membuatnya:

1.) Masukkan sumpit pada sedotan, karena kurang panjang, kami sambung kedua sumpit tersebut. Cara menyambungnya adalah dengan memasukkan salah satu ujung sedotan ke ujung sedotan yang lain, baru memasukkan sumpit dari sisi sedotan yang lainnya. Warna sedotan dibuat sepasang sama.

2.) Buat lubang pada dos, bisa dengan pakai ujung gunting yang modelnya ramping / paku besar. Kemudian masukkan sumpit yang telah dibuat pada nomor 1 diatas.

3.) Agar sumpit tidak tertekuk pada bagian sambungan (tengah), kami beri semacam "kerangka" penahan dari sumpit yang telah dibagi dua, diikat memutar dengan selotip.

4.) Setelah langkah 1 - 3 diatas dilakukan, pasang ke-8 gambar figur pemain foosball, masing-masing 2 pemain pada setiap stik sedotan sumpit panjang tsb. Sebelum dipasang, pastikan gambar figur tsb kaku, agar bisa dipake untuk "menendang" bola. Bila belum kaku, gambar tsb bisa ditempelkan pada potongan dos karton.

5.) Tips memasang gambar figur pada stik adalah seperti memasang jepit jemuran, dan jangan lupa beri lem castol pada bagian dalam karton yang akan menempel pada stik. Tujuan diberi lem adalah supaya gambar pemain tidak bergeser-geser.

6.) Atur posisi pemasangan figur pemain secara selang-seling antara stik yang satu dengan stik yang lainnya.

7.) Pastikan stik dapat digeser maju mundur dan diputar.

8.) Buat papan skor pada salah satu sisi tutup dos yang pendek dibagian dalam.

9.) Buat bola dari remasan kertas bekas. Ukuran bola disesuaikan dengan ukuran gambar pemain dan jarak antara pemain.

10.) Dasar/arena permainan dapat diberi warna hijau seperti rumput dengan kertas asturo.

 

Cara bermainnya cukup mudah:

1.) Menentukan pemain mana yang mulai dulu, bisa dengan cara lempar koin.

2.) Masing-masing pemain pegang stik yang berwarna sama, dan harus memasukkan bola ke dalam gawang yang berwarna sama dengan warna stiknya.

3.) Cara memasukkan bola ke dalam gawang adalah dengan menggeser-geser gambar pemain dan memutar stik bila posisi bola sudah di dekat gambar pemainnya (seperti gerakan menendang).

4.) Akhir permainan adalah yang mencapai skor tertinggi yang jumlahnya dari kesepakatan bersama. Misal bila salah satu pemain telah mencapai total skor 3, maka permainan akan berhenti karena sudah tercapai pemenang dengan skor 3.

 

Baiklah ayah bunda, demikian sharing dari kami. Semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat. Terima kasih =)

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :