Oleh : Afsari Mutiara Maulida Putri
Tanggal Upload : 01 Januari 2017
Usia Si Kecil : 5 Tahun
Truk Pemadam Kebakaran Kreasi Daur Ulang Kardus Chil-GO, Siap Beraksi!
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan visual spasial merupakan kecerdasan dalam berpikir dan belajar dengan gambar-gambar, memahami bentuk, pola, posisi, dan ruang suatu objek, termasuk untuk berpikir secara kreatif.

Wow!! Kardus susu Chil Go sudah semakin menumpuk saja rasanya. Padahal banyak yang sudah disalurkan kepada para pemulung. Kira-kira apa lagi ya yang bisa dibuat agar kardus kardus ini bermanfaat?

Tiba tiba..

Affan : “ Wheel on the bus ..round and round.., tuut tuut kereta! Mobim.. pesawat syuuuu!”  ............sembari membawa Chil Go Cokelat di tangannya.

Bunda: “Affan sayang sedang naik bus ya?”

Affan: “Iya Bunda, Affan mau naik kereta, mobim (mobil bim biiim), pesawat..syuuu.. Affan ...........mau naik becak..”

Bunda: “Waah asik ya,, hemm kalo begitu Bunda sama ayah coba buat beberapa jenis  ............kendaraan ya.”   “ Affan mau?”

Affan: “ Asyiik.. mauu!”

Bunda: “Affan mau ya bantu Ayah Bunda?”

Affan: “ Ya, mau.. Affan bantu..”

Bunda : “Kalo begitu habiskan dulu susu Chil-Go coklatnya ya..”

Affan : “ Oke Bunda!”

Setelah menanyakan alat transportasi yang diinginkan Affan. Lalu kami mendiskusikan desain, mencari berbagai referensi, dan akhirnya kami putuskan untuk membuat mobil, bus sekolah, dan truk pemadam kebakaran.

Alat dan Bahan :

1. Kardus bekas Susu Chil-Go yang berisi 36 botol sebanyak tiga buah. Kami membuat satu kardus untuk satu alat transportasi karena dirasa akan lebih mudah dan lebih cepat. Namun, dapat juga berkreasi dengan dua sampai tiga kardus untuk satu alat transportasi. Hal ini disesuaikan dengan kreasi atau besar tubuh anak.

2. Potongan kertas koran bekas yang dipotong kecil-kecil. Atau dapat menggunakan kertas HVS bekas print out yang sudah tak terpakai.

3. Masking Tape atau solasi kertas.

4. Cat poster sesuai selera, kami menggunakan warna dasar seperti merah, kuning dan biru.

5. Karton spotlight berwarna hitam dan atau warna lainnya sesuai keinginan.

6. Tali pita.

7. Piring putih sterofoam atau piring palstik berbentuk bulat yang sudah tidak terpakai.

8. Tutup botol bekas minuman.

9. Pasta lem putih yang terdiri dari lem putih PVAc dan air perbandingan 1:1.

10. Lem kertas atau doubble tape.

11. 1 buah kuas untuk aplikasi pasta lem.

12. 1 buah kuas untuk aplikasi cat poster.

13. Gunting atau Cutter.

14. Pensil atau spidol.

 

Cara membuat :

1. Pertama- tama potong kardus Chil-Go sesuai gambar desain yang diinginkan.  Desain dapat digambar terlebih dahulu pada kardus dengan menggunakan spidol atau pensil. Desain kardus dibuat terbuka pada bagian atas dan bawah. Fungsinya agar anak mudah menggunakannya. Nantinya, anak dapat masuk dari bagian atas atau bagian bawah ksrdus.

2. Apabila ada bagian yang perlu disambung,maka satukan dengan menggunakan solasi kertas atau masking tape.

3. Lapisi seluruh bagian luar kardus dengan menggunakan pasta lem putih dan kertas koran, atau kertas HVS bekas yang sudah dipotong potong. Caranya dengan mencelupkan kuas ke dalam pasta lem lalu tempelkan potongan kertas pada seluruh permukaan dengan menggunakan kuas tersebut. Tujuannya agar membuat hasil pengecatan lebih bagus dibandingkan mengecat kardus langsung. Kegiatan ini juga dapat memperkuat bagian sambungan kardus yang telah diberi solasi kertas.

4. Setelah lapisan lem dan kertas kering, mulailah mengecat dengan menggunakan cat poster untuk seluruh bagian luar kardus yang terlihat. Biarkan mengering. 

5. Sambil menunggu cat kering, guntinglah karton spotlight berwarna hitam atau warna-warna lainnya sesuai keinginan. Buatlah bentuk kotak, bulat, atau bentuk- bentuk lain sebagai jendela, pintu, dan berbagai hiasan pada alat transportasi. Kita juga dapat menggunakan kertas spons atau bahan lainnya sesuai kreasi dan imajinasi.

6. Tempelkan potongan-potongan spotlight tersebut dengan menggunakan lem kertas atau doubble tape. Tempelkan juga piring sterofoam atau plastik yang sudah dihias sebagai ban mobil. Kita juga dapat menghias dengan menempelkan tutup botol bekas minuman sebagai lampu mobil atau menggambar bagian mobil lainnya dengan menggunakan spidol.

7. Terakhir, tempelkan pita di sisi dalam bagian kanan dan kiri kardus yang nantinya digunakan untuk menggantung kardus di pundak anak.

8. Mobil- mobilan, bus sekolah, dan truk pemadam kebakaran siap beraksi! J

 

Mendaur ulang kardus Chil-Go menjadi bermacam- macam mainan anak, salah satunya dengan membuat alat transportasi adalah salah satu cara untuk mendukung kecerdasan majemuk spasial. Aktivitas mendesain dan menghias kardus Chil-Go dapat merangsang imajinasi anak untuk diwujudkan ke dalam bentuk tiga dimensi. Tentunya membuat prakarya merupakan kegiatan menyenangkan yang dapat menumbuhkan jiwa seni dan kreatifitas. Bahkan setelah kreasi daur ulang selesai, anak akan semakin senang karena terlibat dalam proses pembuatan dan dapat menikmati hasil karyanya saat bermain.

Proses pembuatan mobil-mobilan ini cukup mudah dan sangat mengasyikkan, namun membutuhkan lebih banyak waktu dan tempat yang nyaman. Untuk itu, sebaiknya kegiatan ini diagendakan sebagai kegiatan akhir pekan atau liburan keluarga di dalam rumah. Sehingga orang tua dan anak dapat menikmati proses pembuatan dan hasilnya dengan alokasi waktu yang cukup panjang. Namun, kegiatan ini juga dapat dilakukan pada hari-hari biasa, misalnya dilakukan bunda dan anak pada pagi atau siang hari. Pada sore hari setelah ayah pulang dan beristirahat,kegiatan dapat dilanjutkan bersama-sama. Bila belum selesai dapat dilakukan keesokan harinya. Intinya, buatlah anak bahagia dan menikmati kegiatan ini. Hentikan bila anak sudah terlihat lelah atau bosan. Jangan lupa berikan Chil-Go di sela-sela kegiatan agar anak tetap semangat dan ceria.

Selain mendukung kecerdasan spasial, aktifitas daur ulang juga mengajarkan anak mencintai lingkungan sebagai bentuk kecerdasan naturalis. Hal ini ditunjukkan dengan memanfaatkan barang-barang bekas seperti kardus susu Chil-Go, koran, tutup botol dan piring plastik bekas menjadi barang baru kaya manfaat dan indah dilihat.

Manfaat lainnya adalah semakin dekatnya hubungan orang tua dan anak melalui proses pembuatan ataupun saat bermain. Ayah, Bunda, dan anak dapat berimajinasi dan bermain peran sembari menggunakan alat transportasi dari kardus Chil-Go. Anak dapat berlarian dan berlompatan sembari membayangkan sedang mengendarai mobil, bus dan truk. Tentunya permainan ini melibatkan kegiatan fisik aktif.

Affan : “ Bunda, Affan mau jadi pemadam api ya! Biibop biibop biibop.. Awas apii! Semprot ............aiiir!! Syuuuuuu..........

Bunda: “ Waaah Pendekar Pemadam Kebakaran Chil-Go siap beraksi, nih J

             “ Jangan lupa minum susu Chil-Go nya supaya Affan semakin kuat dan tepat padamkan apinya! “

            Menyenangkan bukan? Ayo dukung Kecerdasan Spasial anak dengan kreasi daur ulang kardus Chil-Go lainnya!

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :