Oleh : Intan meutia ramadhani
Tanggal Upload : 30 Agustus 2016
Usia Si Kecil : 4 Tahun
Sekolah kecil di rumah
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan visual spasial merupakan kecerdasan dalam berpikir dan belajar dengan gambar-gambar, memahami bentuk, pola, posisi, dan ruang suatu objek, termasuk untuk berpikir secara kreatif.

 

sekolah kecil di rumah 

Haaii ayah  Bunda, saya akan berbagi ide untuk kita semuanya,siapa tahu ayah dan Bunda tertarik, karena saya yakin, sebagian besar ayah dan bunda sudah mengerti banyak cara dalam menstimulasi anak, agar tubuh menjadi anak yang cerdas dan berguna,  begini saya ingin mengajak ayah dan Bunda untuk membuat sekolah kecil di rumah, untuk anak ayah dan bunda yang masih berusia 1-3 tahun, yg belum masuk ke sekolah taman bermain, playgroup atau sejenisnya, karena pada usia tersebut lah kita harus memberikan banyak stimulasi,sebab anak dalam masa itu perkembangannya adalah dari kehidupan sehari hari, maka, tidak ada salahnya jika kita sebagai orang tualah yang memulainya dari rumah, banyak manfaat yg kita dapat jika kita melakukannya dengan baik,misalnya kita bisa memiliki quality time yang baik saat sedang mengajarkan anak, tentu saja masih dengan Suasana bermain, dan dengan bahasa yang mudah Di pahami, disini kita bisa mengajarkan banyak ilmu, mulai dari warna, bentuk, imajinasi, gambar dsb. Jadi saat tiba waktu nya anak kita masuk ke usia sekolah, tentu tidak akan canggung lagi, sebab kita sudah menghadirkan Suasana sekolah dari usia dini. Ayah dan bunda bisa membuat sekolah kecil ini Di sudut ruangan yang masih terpantau oleh ayah dan bunda,

Jika ayah dan bunda membuat suasana sekolah dirumah, tentu bisa menstimulasi anak kapan saja ayah dan bunda ingin kan, misalnya ayah dan bunda baru saja menemukan kertas bekas yg tidak terpakai lagi, ayah dan bunda bs mengajak anak untuk menggambar Di kertas itu, sebaiknya dilakukan Di meja/lantai Di  area sekolah kecil Di rumah. Jika ayah dan bunda sehari hari bekerja Di luar rumah, bs menyempatkan diri kira2 20-30 menit untuk ikut bermain Di area sekolah kecil. Atau saat ayah dan bunda sedang libur bekerja, untuk waktu bisa ayah dan bunda sesuaikan misalnya pagi, siang,atau sore.

Dimana tempat yang cocok untuk membuat sekolah kecil ini? Sesuai judul ide dr saya, tentu saja masih Di area rumah, ini dimaksudkan agar kita mudah mengawasi ketika anak sedang belajar dan bermain. Misalnya Di sudut rumah, ayah dan bunda tidak perlu membuat ruangan khusus, cukup dengan karpet berwarna warni atau bergambar, bentangkan saja dan Susun Segala keperluan seperti mainan atau alat2 belajar seperti buku gambar, buku mewarnai, dll

Mengapa sekolah kecil di rumah ini dirasa perlu? Sebagai orang tua, kita adalah orang yang paling penting dan paling dibutuhkan perannya untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. Jd gunakan Cara yg bisa cepat Di cerna oleh anak anak. Banyak cara stimulasi yang bisa kita lakukan. Apalagi dalam masa periode emas pertumbuhan anak.

Bagaimana sekolah kecil ini diterapkan? Ayah dan bunda bisa menerapkannya dengan menyusun  jadwal yg tentu nya ayah dan bunda sendiri yang membuat sesuai dengan kondisi waktu yang ada, misalnya hari ini ayah dan bunda mengajak anak bermain Lego untuk mengenal warna dan bentuk. bsok ayah dan bunda bisa mengajak anak menggambar untuk melatih imajinasi nya, menempelkan gambar gambar yang sering anak temui, misalnya gambar binantang, Pesawat, Mobil, angka dan Huruf yang disertai warna warna menarik. 

Dengan cara ini diharapkan anak bisa mengembangkan sensor motoriknya dengan belajar sambil bermain. Melatih kecerdasanya dan mendekatkan hubungan orang tua dan anak karena orang tua terlibat langsung saat kegiatan berlangsung. 

Disini saya contohkan, saya memiliki anak laki laki berusia 1 tahun 8 bulan, saya sudah menerapkan sekolah kecil ini Di rumah, setiap hari kebetulan saya ibu rumah tangga yg bisa full time mengurus anak, saya meluangkan waktu untuk mengajak anak masuk kearea sekolah kecil yang saya buat Di sudut ruang keluarga, disini saya menstimulasi anak saya dengan banyak cara, saya mengajarkannya melihat gambar gambar, bermain warna, menyusun Lego, mencoret2 kertas, setiap hari saya stimulasi dengan hal hal baru, saya ajak berbicara 2 arah, membuat hal lucu, dan tentu saja memberikan waktu untuk bermain sendiri guna melatih imajinasi nya. Jika saat belajar di sekolah kecilnya teman sebaya / sepupunya datang, jangan berhenti, ajak ikut bergabung untuk melatih kemampuan nya bersosialisasi. Semoga ide dari saya bisa berguna bagi ayah dan bunda , karena saat ini kita adalah orang yang paling berperan dalam tumbuh kembang anak, sebab pendidikan dimulai dari lingkungan rumah dan keluarga.

 

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :