Oleh : Jonny Sutejo
Tanggal Upload : 15 Desember 2016
Usia Si Kecil : 3 Tahun
Mulai ajarkan cara berkomunikasi yang baik terhadap anak kita
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan interpersonal didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk bisa memahami orang lain, termasuk bagaimana perasaan mereka serta hal-hal apa yang memotivasi dan mengganggu mereka.

Assalammu'alaikum wr wb..salam sukses bagi kita semua.

Saat ini usia anak kami Arya sudah 1,1 tahun, sehari-hari Arya setelah bangun tidur sambil melakukan peregangan otot atau mengulet kalau bahasa kampung kami..Arya langsung negur atau memanggil siapa yang ia lihat atau orangtua yang ada didekatnya. Setelah itu memainkan bantal dan gulingnya sambil bicara walaupun belum bisa bicara yang benar, selang waktu beberapa menit lalu Arya mulai belajar turun pelan-pelan dari spring bed kami. 

Dia mulai ambil mainan atau barang yang bisa dimainkan sehingga menimbulkan bunyi yang cukup kuat karena dengan kapasitas tenaganya yang masih kecil, maka dari itu Arya lebih suka main ke dapur untuk ambil peralatan masak Mama nya dengan tujuan bisa menimbulkan suara kuat jika dipukul ke lantai atau ke mangkok stainles yang ia ambil. Terkadang sendok atau sutil masak dan mangkok tersebut Arya laga, sehingga bersuara kuat..terkadang juga Arya mulai belajar makan sendiri, walaupun terkadang sendok sayur yang ia ambil dan hendak dimasukkan kedalam mulutnya.

Jika botol susu nya yang Arya ambil dari rak piring, karena memang rak piring kami pakai meja kecil dan tidak tinggi sehingga dengan mudah bisa ia ambil. Dari botol susu tadi Arya belajar buka tutup botol susunya, terkadang jika sudah ia pasang..diisap nya miple susu itu seolah-olah ada isi susu didalam botol tersebut, kadang dituangkan atau diketuk kan miple susu ke lantai maksudnya agar susu tumpah keluar seperti yang ia lakukan jika sedang dikasih minum susu.

Rasa ingin tahu Arya anak kami sangat besar, sehingga ia tidak pernah lama main dengan satu mainan..lalu cari mainan baru lagi yang kadang ia ambil dari rak piring Mama nya, sambil berjalan kelilingi rumah kami dari dapur ke kamar tidur 1 lalu ke kamar tidur 2 lalu ke ruang tamu lalu ke pintu dapur..begitu kegiatannya sehari-hari.

Nah yang kami ajarkan dari semua kegiatannya sehari-hari, kami ajarkan perlahan ini bunyi seperti ini dan itu agar ia bisa membedakan berbagai bunyi bisa dihasilkan melalui satu mainan atau alat dapur saja..sehingga jika ada banyak yang ia ingin mainkan, maka bunyi keras dan meriah pun muncul. Ini lah yang membuat Arya senang dan merasa berhasil, sehingga setiap selesai melakukan sesuatu dan menimbulkan bunyi..kami tepuk tangan hore agar Arya semangat dan senang.

Demikian seterusnya setiap selesai melakukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan baik, kami semua tepuk tangan yang tentu saja Arya juga ikut tepuk tangannya. Kami yakin jika kita ajarkan komunikasi yang baik kepada anak maka hasilnya ia akan mudah menerima dan menerapkan ditindakannya, baik itu sesuatu yang kasar atau lingkungan baru yang ia hadapi..tetap kita sebagai orangtuanya memegang peran penting dalam perkembangan anak.

Saat ini hasil dari komunikasi yang baik kepada anak kami sudah bisa dirasakan, mulai dari kita suruh duduk atau ambil sesuatu, memberitahu bahwa barang tersebut berbahaya seperti panas atau tajam, jika mau main keluar rumah kami minta Arya ambil selopnya..ia ambil dan minta kita pasang kan ke kakinya. Jika ingin sesuatu Arya tunjuk sambil bicara, walaupun masih belum jelas bicaranya. Masih banyak lagi hasil positif yang bisa kita dapatkan dengan mengajarkan komunikasi yang baik kepada anak, baik hasil tingkah laku dan pribadi anak kita pun akan terbentuk dengan baik.

Semoga cara pembelajaran komunikasi yang baik ini dapat diterima dan diterapkan oleh orangtua lainnya dan memperoleh hasil yang baik sesuai harapan kita sebagai orangtua dari anak-anak kita..aamiin.

Terima kasih Morinaga Platinum.

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :