Oleh : Yenni Gunawan
Tanggal Upload : 19 Oktober 2016
Usia Si Kecil : 8 Tahun
Meningkatkan kreatifitas dan sensitifitas suara pada anak balita
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan musikal adalah kecerdasan yang menekankan kemampuan memahami musik sebagai media untuk mengeskpresikan diri.

Anak laki-laki saya yang bernama Edbert saat ini berusia 5 tahun 4 bulan. Sejak masih di dalam kandungan, saya selalu rajin mendengarkan lagu klasik. Awalnya memang anjuran dokter tapi perasaan saya menjadi tenang dan kelihatannya Edbert juga suka mendengar lagu karena saya sering merasa gerakan saat saya mendengar musik. Setelah Edbert lahir, saya merasa Edbert memiliki ketertarikan yang dalam di bidang musik karena Edbert lebih cepat tidur jika diperdengarkan musik. Saat kami bermain, edbert suka tertawa dan semangat jika saya bernyanyi atau sekedar menggumamkan lagu.

Saat Edbert mulai berusia 2 tahun, saya mulai mencari beberapa ide sederhana untuk lebih menstimulasi ketertarikan Edbert di bidang musik. Saat itu Edbert sangat suka minum susu Morinaga Chil-Kid. Saya sangat percaya pada susu Morinaga yang dapat membuat Edbert tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan aktif, tapi saat bepergian, saya terpaksa memberi selingan susu UHT yang terasa praktis.

Suatu hari saat kami bepergian, saya tidak membawa susu, kami mencari susu ke supermarket dan saya melihat Morinaga Chil-go. Saya langsung membeli Morinaga Chil-go, karena saya percaya kandungan gizi-nya pasti sangat bagus. Saya memberi beberapa botol dan desainnya sangat unik dengan gambar yang menarik. Saya tidak pernah membuang botolnya. Saya selalu membersihkan botolnya dan biasanya dipakai main oleh Edbert.

Suatu hari, saya memiliki ide untuk memasukkan beberapa benda ke bekas botol Chil-go yang sudah saya bersihkan. Botol ke 1, saya isi 1/4 bagian botol dengan beras dan bagian atasnya saya tutup dengan selotip. Saya lakukan hal yang sama dengan beberapa botol yang lain, hanya isinya beda-beda. Ada yang saya isi dengan kacang hijau/ kacang hitam/ kelereng/ biji jagung/ batu kecil. Dari botol itu akan keluar bunyi yang berbeda-beda jika digerakkan. Saya berikan botol-botol itu pada edbert, dia sangat senang.

Saat Edbert berusia 3-4 tahun, saya suka bermain tebak suara dengan Edbert. Misalnya saya bunyikan botol Chil-go berisi beras, lalu bertanya apa isinya. Isi setiap botol yang berbeda akan mengeluarkan bunyi yang berbeda juga. Permainan ini meningkatkan kepekaan atau sensitifitas Edbert terhadap jenis suara yang didengarnya. Semakin sering dilakukan, Edbert bisa dengan mudah menjawab isi setiap botol. Selain itu, kadang saya pergi berkemah atau bertamasya ke tempat asri seperti lembang. Saat malam hari, kadang terdengar suara hewan seperti jangkrik, tokek atau burung. Kami berusaha memperkenalkan sebanyak mungkin jenis bunyi-bunyian pada Edbert.

Saat Edbert berusia 4 tahun hingga sekarang, saya mulai memperkenalkan Edbert pada alat musik, seperti keyboard, kulintang anak, mini drum dan menyanyi. Saya juga suka memperlihatkan berbagai DVD berisi lagu anak-anak dan mendengarkan lagu anak di perjalanan. Agar lebih menarik, kadang saya suka mengganti kata-katanya sesuai dengan mood atau kegiatan yang dilakukan Edbert. Misalnya saat pergi ke rumah saudara dan melihat banyak kucing, saya menyanyi lagu balonku menjadi seperti ini: kucingku ada 5, rupa-rupa warnanya. hitam, kuning, kelabu, coklat tua dan putih. Kuangkat kucing putih, meow, kucingnya sangat senang. 

Selain itu, saya juga suka mengajak Edbert menyanyi spontan lagu apapun yang dia suka tanpa harus hafal liriknya dengan iringan barang apa saja. Misalnya menyanyi sambil diiringi suara ketukan sendok dan piring, atau kaleng susu yang dipukul, atau botol morinaga chil-go yang diisi berbagai benda seperti yang saya jelaskan di atas. Kegiatan menyanyi selalu membuat Edbert senang.

Sebagai orang tua, kita perlu mendukung dan tidak membatasi apa yang menarik minat anak terutama jika itu suatu hal yang positif. Dukungan dari orang tua akan membantu anak memperoleh masa depan terbaik sesuai dengan cita-cita dan impian sang anak. 

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :