Oleh : Winursih
Tanggal Upload : 01 Agustus 2016
Usia Si Kecil : 10 Tahun
Mengirim Surat
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan linguistik adalah kecerdasan yang menekankan kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa dalam kegiatan berbicara, membaca dan menulis.

Dhia (7) tahun ini masuk Sekolah Dasar. Sebagai orang tua, wajib bagi saya mendampingi ia belajar setiap hari. Apalagi di kelas 1 ini merupakan pondasi awal anak dalam melanjutkan ke kelas yang lebih tinggi. Agar anak bisa mengikuti pelajaran dengan lancar, hal yang paling penting adalah kemampuan membaca, menulis, dan berhitung atau yang biasa disingkat Calistung. Maka, saya membuat permainan ini untuk menstimulasi kecerdasan linguistiknya sebagai Bekal Masa Depan, agar kelak Dhia pandai dalam menyampaikan pemikirannya baik secara tertulis maupun secara lisan.

Tujuan : Mengenalkan Konsep Mengirim Surat Melalui Kantor Pos

Alat dan bahan : kardus bekas, kertas, pena/pencil, amplop, perangko bekas

Aktivitas :

1. Ceritakan segala sesuatu tentang kantor pos. Bisa dibantu dengan buku tentang Kantor Pos jika ada.

2. Ubah sudut ruang keluarga atau ruang bermain anak di rumah menjadi sebuah kantor pos.

3. Buat lubang selebar amplop di atas kardus.

4. Minta anak untuk menulis surat. Jika anak masih sulit merangkai kata, ayah/bunda bisa membantunya dengan mengucapkan apa yang harus anak tulis (mendikte). Tapi lebih bagus kalau apa yang ditulis merupakan pemikiran anak.

5. Setelah selesai menulis, minta anak untuk melipat kertas suratnya, memasukkan ke dalam amplop, menempel perangko, lalu menuliskan kepada siapa surat itu ditujukan.

6. Mengirim surat dengan memasukkannya ke dalam ‘Kotak Surat’.

Kemarin, saya menyempatkan datang ke kantor pos bareng Dhia secara langsung. Jadi Dhia belajar secara real. Melihat kondisi kantor pos, mengamati berbagai aktivitas di dalamnya dan bertanya segala macam apa yang ingin Dhia ketahui.

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :