Oleh : Sri Wahyuni
Tanggal Upload : 02 Agustus 2016
Usia Si Kecil : 15 Tahun
Membuat Pigura dari Kain Flanel
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan visual spasial merupakan kecerdasan dalam berpikir dan belajar dengan gambar-gambar, memahami bentuk, pola, posisi, dan ruang suatu objek, termasuk untuk berpikir secara kreatif.

Membuat pigura dari kain flanel 

Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan:

1. Kain flanel

2. Karton bekas

3. Lem UHU

4. Mata dari plastik

5. Pensil

6. Penggaris

7. Gunting

8. Cutter

9. Tali/benang

 

Cara Membuatnya:

1. Buatlah pola pigura yang diinginkan sesuai ukuran yang ditentukan diatas kertas karton bekas, dengan menggunakan pensil dan penggaris. Lalu potonglah karton tersebut menggunakan gunting/cutter.

2. Siapkan kain flanel. Letakkan karton yang sudah dipotong diatas flanel. Bungkus karton tersebut dengan kain flanel secara merata dengan terlebih dahulu diberi lem agar karton dan kain flanel menempel.

3. Siapkan pola bingkai dengan warna yang berbeda dengan warna dasar. Potong ukuran karton dengan lebar kurang lebih 4 cm sebanyak 4 buah. Panjang karton disesuaikan dengan panjang masing-masing sisi pigura.

4. Bungkus karton yang telah dipotong dengan kain flanel, rekatkan dengan lem. Setelah itu tempel pola bingkai di keempat sisi.

5. Untuk mempermanis pigura bisa ditambahkan hiasan di bagian sudutnya, seperti gambar mickey, bunga atau daun. Untuk membuat hiasan ini tidak perlu dilapisi karton, langsung buat pola diatas kain flanel dengan pensil, lalu potong sesuai pola. Setelah itu rekatkan dengan lem.

6. Bila ingin menambahkan nama di bagian bawah pigura bisa disambung dengan tali atau benang yang direkatkan dengan lem.

7. Untuk menempelkan nama bisa menggunakan karton yang sudah dipotong sesuai ukuran, lalu dibungkus dengan kain flanel. Setelah itu buatlah pola huruf sesuai nama yang diinginkan diatas flanel, gunting sesuai pola, lalu rekatkan diatas karton yang telah dilapisi flanel.

 

Cara Bermain:

1. Ayah dan bunda bisa mengarahkan gambar pigura apa yang ingin dibuat anak, setelah itu memberitahu alat dan bahan yang digunakan.

2. Ayah dan bunda bisa mendampingi anak dalam membuat pola pigura serta mengarahkan langkah-langkah pembuatannya.

 

 

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :