Oleh : HENI GUSTRYANA
Tanggal Upload : 20 September 2016
Usia Si Kecil : 6 Tahun
Mari Bercocok Tanam Bareng Aditya
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan naturalis merupakan kecerdasan dalam berpikir dan belajar yang berkaitan dengan pemahaman terhadap lingkungan sekitar kita seperti tanaman, binatang atau benda mati seperti air, batuan atau gejala alam seperti hujan atau panas, atau tentang ruang angkasa.

    Hai Moms, Kali ini bunda ingin membuat stimulasi kecerdasan Majemuk untuk adit. Mumpung hari sabtu dan minggu bunda libur nih kerjanya. jadi bunda ingin memanfaatkan waktu libur dengan sebaik mungkin untuk sibuah hati. Libur/Weekend kali ini bunda memilih untuk dirumah saja.. kan liburan enggak mesti  ya moms harus ngemall ataupun ajak anak main timezone. karena liburan dirumah juga sangat mengasyikan. :) Lagian bisa menghemat biaya juga kan moms, hehehe

   Hari sabtu ini, bunda sudah punya list/agenda untuk membuat stimulasi kecerdasan Naturalis untuk adit yaitu Menanam Biji Pepaya". kenapa bunda memilih kecerdasan naturalis? karena bunda ingin sekali memperkenalkan/mengajarkan  ke adit hal -hal apa saya saja yang dilakukan sebelum bercocok tanam, dan juga ingin menjelaskan keadit apa saja manfaat dan fungsi dari tanah, air,serta tanaman yang dihasilkan dan siklus hidup dari sebuah tanaman tersebut. Setelah bunda memberitahukan ide tersebut ke adit, wah adit senang sekali moms apalagi bisa bermain tanah kan, malah enggak sabaran :)

    Adapun Hal-hal yang harus bunda lakukan sebelum memulai stimulasi tersebut yaitu:

1. Bunda harus memikirkan terlebih dahulu tanaman apa yang akan ditanam. kali ini bunda mengajak adit untuk menanam biji pepaya, kebetulan ada pepaya dirumah juga pas dipotong pepaya jadinya bunda kepikiran deh untuk memanfaatkan biji pepaya tersebut. biasanya selalu dibuang bijinya ehhh tiba"muncul pikiran untuk membuat ide ini. :)

2. Tanah Hitam

3. Persiapkan gelas plastik yang sudah tidak dipakai lagi ya moms, kalaupun tidak ada bisa juga menggunakan botol ataupun mangkok yang sudah tidak dipakai lagi.

4. Berilah lobang dibagian bawah gelas untuk aliran air, untuk melobanginya bisa moms ya yang lakukan.

5.Baru deh kita mulai menyuruh sikecil untuk memulai mengisi tanahnya kedalam gelas yang sudah disediakan. selama memulai mengisi tanah adit semangat sekali moms dan berbagai macam pertanyaan pun dilontarkan, kenapa dikasih tanah bund? supaya apa bund? terus nanti cepat enggak pepayanya tumbuh? :) asyik kan bund ternyata melakukan stimulasi ini banyak yang akan anak kita pertanyakan. mulailah bunda disitu menjawab satu persatu dengan jelas agar sikecil memahaminya.

6.Pemberian pupuk jika ada ya moms

7.Lalu ditaburi deh biji pepayanya

8.Dan terakhir jangan lupa disiram ya moms

yeahhh selesai , Gampang kan moms...:), meskipun dengan hanya biji pepaya tetapi kita bisa menerapkan/mengajarkan sikecil  cara bercocok tanam. step by step kita sudah mengajarinya dari hal yang kecil dulu.. ye ye ye ye bunda merasa senang sekali karena menurut bunda stimulasi ini berhasil.

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :