Oleh : Lita Novianti
Tanggal Upload : 31 Agustus 2016
Usia Si Kecil : 6 Tahun
Lirik Lagu Dan Kosakataku
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan linguistik adalah kecerdasan yang menekankan kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa dalam kegiatan berbicara, membaca dan menulis.

Anak adalah tumpuan harapan setiap keluarga, tidak ada orang tua manapun yang tidak menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang secara optimal. Permasalahannya bahwa anak tidak dapat tumbuh dan berkembang sendiri tanpa bantuan dari lingkungannya.

Oleh karena itu kita sebagai orang tua harus memberikan stimulasi sedini mungkin untuk menjadikan putra putri kita sebagai generasi platinum.

Diusianya 3,5 tahun, Nafisa senang sekali dibacakan buku cerita. Nafisa pun tak jarang bertanya mengenai tokoh dalam cerita. Terkadang nafisa menceritakannya kembali apa yang saya ceritakan meskipun tidak sama persis tetapi tujuan dan arah ceritanya sama.

Mampu menceritakan kegiatan keseharian yang dialaminya. Misalnya Nafisa menceritakan ketika berpergian bersama kakek dan neneknya.

Senang mendengarkan lagu sehingga nafisa dengan mudah mengetahui lirik lagu dengan pengucapan kosakata yang jelas.

Seperti pada video dibawah Nafisa menyanyikan lagu ABC dan Tepuk Anak Soleh dengan pengucapan kosakata yang baik dan jelas.

Tentunya semua ini tak lepas dari stimulasi yang selama ini telah saya berikan pada nafisa dengan ide-ide stimulasi sebagai berikut :

1. mengajak Nafisa berkomunikasi atau berbicara sehingga Nafisa mampu menyampaikan ide, harapan atau keinginannya.

2. Mengenalkan nama-nama benda yang dijumpai disekitar anak. 

Saya mengenalkan berbagai nama benda disekitar Nafisa, akan menambah kosa kata anak. Bunda dapat mengenalkan nama benda yang dijumpai atau dilihat anak. Misalnya anak dapat dikenalkan nama benda yang ada disekitar anak, baik benda hidup, seperti nama binatang maupun nama tumbuhan maupaun benda mati seperti nama kendaraan, makanan, perkakas rumah tangga.  Pengenalan nama-nama benda juga dapat dikenalkan lewat gambar loh bun.Dengan melihat gambar akan menambah kosa kata anak juga merangsang anak untuk bertanya dan mengemukakan ide dan perasaannya.

3. Bercerita dari gambar

Biasanya saya mengajak Nafisa bercerita . Kegiatan ini dapat dilakukan dengan gambar atau buku cerita maupun tanpa buku cerita loh bun. Banyak buku cerita yang dikemas khusus untuk anak usia dini. Diantaranya : cerita dunia binatang, cerita khayal, cerita pahlawan, cerita agama dll.

Bercerita tidak hanya dilakukan oleh bunda saja, tetapi dapat pula  anak yang diminta untuk bercerita dan orang tua yang mendengarkan. Bercerita ini disamping mengembangkan kemampuan anak untuk berbicara dan mengeluarkan pendapat, bercerita juga mengembangkan imajinasi anak dan kemampuan memahami perasaan orang lain loh bun.

4. Bermain puzzle huruf

Biasanya saya mengajak Nafisa bermain puzzle huruf. Permainan ini dibuat dari huruf-huruf yang terpisah dan dapat disusun kembali menjadi rangkaian kata. Melalui permainan ini Nafisa dirangsang membuat  rangkaian kata dari huruf-huruf yang disediakan. Manfaat permainan ini dapat merangsang anak untuk berinteraksi dengan huruf dan kata sehingga anak akan menyukai kegiatan membaca.

Selain memberikan stimulasi tak lupa saya selalu memberikan nutrisi yang tepat dengan memberikan Morinaga Chil☆go! untuk Nafisa.

Itulah ide-ide yang sudah saya terapkan kepada putri saya Nafisa. Semoga bermanfaat dan membantu ayah bunda dalan memberikan stimulasi untuk si kecil. Khususnya untuk menstimulasi kecerdasan linguistik si kecil.

Salam Persaudaraan

Lita Novianti

 

 

 

 

 

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :