Oleh : Siti Harnawati Juhardi
Tanggal Upload : 07 Januari 2017
Usia Si Kecil : 6 Tahun
Kegiatan Mewarnai Mencerdaskan Anak
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan visual spasial merupakan kecerdasan dalam berpikir dan belajar dengan gambar-gambar, memahami bentuk, pola, posisi, dan ruang suatu objek, termasuk untuk berpikir secara kreatif.

Dear morinaga Platinum 

Untuk mempersiapkan bekal masa depan anakku Daafizh kami sebagai orang tua selalu berusaha memberikan yang terbaik. Mengarahkan untuk mengembangkan bakat dan kecerdasab yang ia miliki.

Sakah satu yang saya lakukan adalah mendukungnya untuk terus berekspresi nah kebetulan Daafizh senang sekali berekspresi dengan mewarnai. 

Dengan mewarnai anak bisa menuangkan beragam imajinasi yang ada dibenaknya. Ada banyak sekali manfaat mewarnai bagi anak diantaranya: 

1. Mengembangkan kemampuan motorik, kegiatan mewarnai dapat membantu melatih otot tangan pada anak. Kemampuan motorik tersebut sangat penting bagi perkembangan anak. 

2. Sebagai Media Berekspresi, Mewarnai merupakan cara bagi anak untuk mengungkapkan perasaannya. 

3. Mengenal Perbedaan Warna, aktifitas mewarnai biasanya menggunakan pensil warna atau krayon sehingga dapat membantu anak mengenal warna dan membedakan warna-warna. Hal ini juga dapat membantu anak memadukan warna warna serta bebas berekpresi dan berkreasi. 

4. Melatih Anak Menggenggam Pensil, dengan mewarnai maka anak akan belajar menggenggam pensil. Karena seringng dilakukan berulang2 maka akan menjadi kebiasaan yang akan membantu anak dalam menulis saat duduk di bangku sekolah.

5. Meningkatkan Konsentrasi, mewarnai dapat melatih anak berkonsentrasi, ketika anak sedang melakukan kegiatan mewarnai konsentrasi anak tidak mudah teralihkan dan tetap Fokus dan konsentrasi ini sangat berguna bagi anak dalam menyelesaikan tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti matematika.

6. Melatih kemampuan bekerjasama, mewarnai membutuhkan kerjasama yang baik antara mata dan tangan. Mulai dari cara menggunakan krayon, memilih warna kemampuan ini sangat penting untuk anak.

7. Mengenal Garis Batang Bidang, saat anak mewarnai anak akan terbiasa memahami dan memperhatikan garis batas tersebut sehingga anak akan berusaha mewarnai tanpa keluar garis dan ini akan membantu anak saat anak sudah mulai menulis di buku yang bergaris.

8. Mewarnai melatih anak membuat target, kegiatan mewarnai yang dilakukan sejak dini, membantu anak menyelesaikan tugas yang dihadapinya. Disini akan terpupuk rasa tanggung jawab anak dengan pekerjaan yang diterimanya sekaligus memupuk kepercayaan diri anak bahwa ia dapat menyelesaikan tugas yang sedang diembannya. 

Semoga apa yang saya lakukan ini dapat membuatnya tbuh dan berkembang dengan baik. Dan semoga ide saya ini bermanfaat bagi mom lainnya. 

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :