Oleh : Sher Maryne
Tanggal Upload : 27 Agustus 2016
Usia Si Kecil : 4 Tahun
Generasi Platinum Indonesia
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan kinestetik adalah kecerdasan yang menekankan pada penggunaan tubuh dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri.

Permainan kreatif bersifat fisik sangat baik untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu juga dapat menstimulasi keterampilan motorik, sosial moral dan menggembangkan kecerdasan majemuk anak.

Sebagai Ibu dari putra tercinta Josh Evander Lim (20bulan) saya menyadari peran penting kedua orangtua dalam menstimulasi kecerdasan anak dan mengingat usia Josh masih dini cara belajar yang tepat tentunya dengan bermain. Kebetulan Josh sangat senang bereksplorasi diluar apartemen sehingga saya menstimulasi dia secara berkesinambungan dengan permainan yang ia gemari sekaligus menantang di area kolam renang, lapangan olahraga atau taman bermain.

Apa saja aktivitasnya sehari - hari kita ? 

1.  Pagi hari saya selalu mengajak Josh olahraga bersama dengan jalan santai, jalan cepat dan berlari bersama. Josh sangat suka naik turun dan melompati anak tangga. Awalnya dia harus dituntun tapi sekarang sudah mampu tanpa berpegangan. Jika melewati genangan air kecil saya pun mencontohkan meloncatinya kemudian dengan sigap Josh memasang gaya bersiap, hattt... terloncati juga olehnya hehee

2.  Saya juga menitah Josh berjalan diatas tembok pagar taman untuk melatih keseimbangan gerak. Dia terlihat asik dan sesekali ia berlari sambil tertawa hahaa..

3.  Setiap Sabtu saya dan suami mengajak Josh mengikuti Senam Kebugaran Jasmani di lingkungan Apartemen. Awalnya Josh cuma berdiri melihat ataupun lari - larian. Setelah beberapa kali ikut dia sudah mulai mengikuti gerakan selaras dengan irama musik.

4.  Bersenang - senang bersama teman di taman anak merupakan proses belajar yang paling Josh gemari karena merasa lebih tertantang dan kompetitif. Dengan antri naik perosotan, Josh akan lebih cepat menaiki tangga daripada saat bermain sendiri. Dia seperti sangat terlatih bahkan ia sering mendaki perosotan dengan kekuatan lututnya sambil 1 tangannya memegang pinggiran perosotan akhirnya sampai juga ke puncak. Luar biasa.., awalnya saya pikir dia akan kembali tergelincir. Ada saja ide yang muncul ketika bereksplorasi. Saya juga mengkoordinasi anak - anak dalam 1 lingkaran bermain lempar dan tangkap bola. Melatih ketangkasan, kekompakan dan mereka pun semakin akrab.

5.  Sejak hamil saya rutin berenang dan ketika Josh berusia 9bulan ia sudah bisa menggoyangkan kaki berenang membawa tubuhnya bergerak di dalam air. Sekarang renang justru menjadi hobinya. Ia bergerak lincah mengitari kolam kesana kemari menghampiri teman lain satu per satu. Dia lebih menyukai bermain dengan anak yang lebih dewasa. Positifnya ia akan lebih banyak belajar hal baru dari mereka... Sikapnya yang bersahabat membuat ia mudah diterima dilingkungan baru.

6.  Saya juga mengikutsertakan Josh di Kelas Sekolah Minggu..Kegiatan utamanya beribadah. Selain itu banyak permainan kelompok yang menarik seperti berbaris panjang mengitari kelas, mengikuti gerakan nyanyian / berjoget ria bersama kakak kelas dan games menarik lainnya.

Josh anak yang ceria, suka tempat baru, mengamati sekelilingnya lewat mata maupun sentuhan dan mengeksplorasi dunia dengan ototnya. Saya percaya kecerdasan kinestetik menentukan kecerdasan lainnya. Olehkarena itu saya mengajarkan dia untuk menghargai dan memanfaatkan BodySmartnya lewat kegiatan positif. Dia sudah bisa meniru gerakan sederhana seperti menyisir rambut, menggosokan sabun, shampo, membuang sampah, memakai sepatu sendiri dan banyak lagi. Yang paling penting dia selalu tampil percaya diri dan bisa bersosialisasi dimanapun ia berada. 

Semoga dengan stimulasi tepat sejak dini dan asupan nutrisi dari Morinaga Platinum bisa membentuk Josh menjadi Generasi Platinum Bangsa Indonesia multitalenta.

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :