Oleh : WINDI NAWANG SARI
Tanggal Upload : 31 Oktober 2016
Usia Si Kecil : 11 Tahun
Firdaus calon Hafidz
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan linguistik adalah kecerdasan yang menekankan kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa dalam kegiatan berbicara, membaca dan menulis.

Sejak bulan Ramadhan, Firdaus (9 tahun) senang menghafal kitab suci Alquran. Dia terinspirasi acara hafidz (penghafal Alquran) di TV. “Kalau anak lain bisa, Firdaus pasti bisa”, ujarnya bersemangat. Surat-surat pendek sudah dia hafalkan, dan sekarang mulai menghafal surat yang panjang. Untuk mendukungnya, tentu saja aku menyediakan sarana penunjang agar dia cepat hafal Alquran. Yang aku persiapkan adalah kitab suci Alquran, laptop, hp, dan speaker.

Aku dan suamiku sering membacakan Alquran padanya dan dia menirukannya. Selain itu, aku membiarkan ketika Firdaus memegang Hpku. Bukan untuk bermain, tapi untuk memutar suara Alquran, dan dia menirukannya. Hal ini dilakukan sesukanya dia, termasuk ketika akan tidur. 

Selain ketika Firdaus akan tidur, ada saat dan tempat favorit kami untuk menghapal Alquran, yaitu ketika sore hari, di area persawahan belakang rumah yang sunyi. Hampir setiap sore setelah sholat ashar, aku, suamiku dan Firdaus bersepeda ke area persawahan belakang rumah. Sebagai bekal, aku menyiapkan susu Chil*Go kesukaannya, biar dia makin semangat menghafalnya. Untuk menunjang hafalannya, aku harus selalu memberikan makanan dan minuman yang bergizi untuknya. Karenanya, Chil*Go harus selalu tersedia untuknya. 

Untuk menjaga hafalannya agar tidak mudah lupa, kami melakukan penerapan bacaan berulang-ulang. Dan ketika Firdaus berhasil menghafal satu surat panjang, Firdaus akan mendapat reward. Dia boleh minta apa saja asalkan harganya tidak terlalu mahal, agar dia tidak menjadi anak yang manja. Biasanya Firdaus minta baju muslim untuk ke masjid atau mainan.

Targetnya 2 tahun Firdaus sudah hafal Alquran dan dia ingin mengikuti acara hafidz di TV. Semoga cita-citamu tercapai, ya sayang.. Aamiin.

Dan ketika Firdaus mulai latihan menghafal Alquran, otomatis otaknya juga terlatih untuk menghafal pelajaran disekolah. Karenanya, pelajaran hafalan hal yang mudah baginya dan dia menyukainya. Semoga menjadi hafidz yang sholeh dan pintar ya sayang. Aamiin.. 

 

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :