Oleh : Nurul Fitri Fatkhani
Tanggal Upload : 02 Agustus 2016
Usia Si Kecil : 12 Tahun
Bermain Peran
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan kinestetik adalah kecerdasan yang menekankan pada penggunaan tubuh dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri.

Potensi kecerdasan pada setiap anak sangat luar biasa. Dengan memberikan stimulasi yang baik, maka kecerdasan tersebut dapat membawa anak menuju kesuksesan. Dalam memberikan stimulasi, orangtua perlu mengetahui potensi kecerdasan pada anaknya. Seperti anak saya yang bernama Haikal, dia sangat menyenangi olahraga dan segala aktivitas yang menggunakan fisik. Ini merupakan tanda bahwa dia memiliki kecerdasan kinestetik. Oleh karena itu, saya perlu memberikan stimulasi pada kecerdasan kinestetiknya.

Bagi anak kinestetik, perlu dilakukan stimulasi untuk melatih koordinasi, keseimbangan, ketrampilan serta kekuatan. Saya mengusahakan agar memberikan stimulasi sedini mungkin, agar hasilnya lebih optimal. Tidak hanya di rumah, saya juga berusaha menstimulasi Haikal ketika sedang berada di luar rumah.

Contohya saja, ketika dia bermain di alam, menyusuri bebatuan di sungai, dibutuhkan keseimbangan agar tidak jatuh. Bermain sepeda, selain melatih keseimbangan juga bisa melatih kekuatannya.

Sedangkan untuk menstimulasi kecerdasan kinestetiknya di rumah, saya mengajak Haikal untuk membuat ketrampilan dari kardus bekas dan botol bekas minuman. Karena gemar dengan robot, maka kerajinan pertama yang dibuat adalah robot. Setelah itu, dia membuat pendukungnya seperti miniatur alat transportasi.

Saya selalu mendampingi Haikal membuat kerajinan, karena dia menggunakan gunting. Untuk proses yang agak rumit, saya pun membantunya.

Selain melatih koordinasi mata dan tangannya, membuat kerajinan seperti ini, juga dapat melatih kesabaran anak. Menggunting pola yang kecil, menempelkan bidang yang sempit membutuhkan ketelitian, ketrampilan dan kesabaran. Alhamdulillah, Haikal tidak banyak mengeluh. Dia sangat senang dengan akivitas tersebut dan langsung memainkannya.

Ketika Haikal memainkan hasil karyanya, dia juga berlatih merangkai kata untuk membangun sebuah cerita. Aktivitas ini sekaligus menstimulasi kecerdasan bahasanya. Semoga dengan stimulasi yang saya berikan, dapat membantu keberhasilan Haikal di masa depannya kelak. Aamiin.

 

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :