Oleh : Tian Lustiana
Tanggal Upload : 03 Agustus 2016
Usia Si Kecil : 11 Tahun
Bermain Boneka, Mengasah Kreativitas Anak
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan musikal adalah kecerdasan yang menekankan kemampuan memahami musik sebagai media untuk mengeskpresikan diri.

Marwah, 8 tahun. Memiliki kecerdasan Musikal, memang sejak kecil Marwah senang sekali mendengarkan musik dan lagu. Ia juga senang bereksperimen dengan irama dan lirik yang dibuatnya sendiri, ia juga cepat hapal dengan irama dan lirik lagu yang didengarnya. Untuk mengasah atau menstimulasi kecerdasan majemuknya ini, Marwah senang bermain boneka sambil bernyanyi. Bonekanya diajak bernyanyi dan kadang ia menuliskan sendiri liriknya loh. 

Bermain boneka memang simple sekali, Marwah hanya membutuhkan beberapa boneka dan perlengkapannya. Biasanya dia menggunakan kerudung saya untuk dijadikan sebagai kain gendongan. Marwah juga membutuhkan beberapa boneka, dan kadang dia memainkan peran bersama boneka, namun ia tidak mau menjadi ibunya selalu ingin menjadi kakaknya, ibunya siapa? tetap saya gitu katanya. Jadi saya harus ikut bermain bersamanya. 

Manfaat dari bermain boneka untuk Marwah adalah mampu meningkatkan keterampilan komunikasinya, kan Marwah mengajak bonekanya bicara, nah pada saat itulah Marwah sedang dilatih keterampilan komunikasi bahasanya. Marwah juga terlatih untuk mengeluarkan ide dan pemikirannya kepada bonekanya, tentu ini bisa merangsang kreativitas Marwah. 

Bermain boneka juga mampu meningkatkan motorik halus Marwah dengan mengganti baju boneka, menyisir rambut boneka dan menggendong boneka. Kemandiriannya pun terlatih sejak kecil, jadi nanti pas punya adik dia sudah memahaminya. Bermain boneka juga mampu meningkatkan daya imajinasi Mrawah, melalui bermain peran itu tadi. Marwah juga senang bermain peran sebagai dokter dan boneka sebagai pasiennya. 

 

Apa saja yang dibutuhkan untuk bermain boneka??

1. Boneka 

2. Perlengkapan lainnya seperti : Kain gendongan, rumah boneka, sisir, tempat makan boneka ( Marwah biasanya ngambil mangkok plastik di dapur), gelas, sendok dan lainnya. 

 

Ibu juga harus ikut bermain, itu akan membantu menstimulasi kecerdasan anak. Memberikan nutrisi otak pada anak juga bisa dengan bermain loh. Yuk stimulasi anak dengan memberikan bekal masa depannya melalui ide permainan :). Ini ide permainan saya untuk Marwah, mana idemu??? 

 

 

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :