Oleh : Tree Ika
Tanggal Upload : 31 Desember 2016
Usia Si Kecil : 7 Tahun
Belajar menjadi dalang cilik
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan linguistik adalah kecerdasan yang menekankan kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa dalam kegiatan berbicara, membaca dan menulis.

Perkenalkan ayah-bunda, anak Rafael Argya Nugroho.
Kecerdasan yang paling menonjol Rafael adalah kecerdasan dalam menggunakan kata-kata. Sejak sudah bisa berbicara, ia sangat suka bercerita tentang apa saja, menanyakan berbagai hal yang ditemuinya. Seiring berjalannya waktu, di usianya yang menginjak 5 tahun, ia semakin suka bercerita. Sebagai Ibu, aku pun berusaha mengasah kecerdasannya dengan berbagai cara. Salah satunya dengan membuatkan panggung wayang agar ia semakin kreatif dalam berimajinasi. Kenapa wayang? Awalnya sewaktu ke tempat neneknya di kampung, ia diajak melihat pertunjukkan wayang. Ia pun sangat tertarik dan bertanya segala hal tentang wayang. Aku pun sangat gembira, karena ia menyukai pertunjukkan tradisional Indonesia ini. Karenanya, aku mempunyai ide untuk membiarkan dia berekplorasi menjadi dalang dari wayang yang kami buat sendiri bersama-sama. Caranya juga cukup simpel lho..Simak yuk wayang buatan kami.

Bahan & Alat yang dibutuhkan:
1. Kardus bekas
2. Kertas minyak
3. Kertas gambar & spidol
4. Gunting
5. Lem/double tape
6. Senter

Cara membuat:
1. Gunting salah satu sisi kardus bekas sehingga bolong.
2. Tutup dengan kertas minyak sisi yang bolong tadi. (membuat layar wayang)
3. Ambil kertas gambar, lalu gambar karakter yang diinginkan. Ajak si kecil untuk menggambar & mewarnai juga.
4. Saatnya si dalang beraksi. Letakkan sebuah senter menyala di belakang layar, agar gambar terlihat jelas. Biarkan si kecil "mendalang" sesuai dengan imajinasinya.

Nah, mudah sekali kan ayah-bunda. Manfaatnya pun banyak sekali lho, selain mengasah perbendaharaan kata si kecil, juga mengembangkan daya kreativitas dan imajinasinya. Dan untuk lebih memberinya semangat, berikan juga Morinaga Chil-Go sebagai bekal dalam mengembangkan kecerdasan multitalentanya.

Oya, jangan lupa untuk berikan perhatian penuh saat si Kecil bercerita ya ayah-bunda. Karena ketika merasa diperhatikan saat bercerita, si kecil akan semakin senang melakukannya.

Selamat mencoba.. :)

 

 

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :