Oleh : Kika Pradita
Tanggal Upload : 22 Oktober 2016
Usia Si Kecil : 6 Tahun
Belajar Mengenal Kendaraan di Sekitar
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan naturalis merupakan kecerdasan dalam berpikir dan belajar yang berkaitan dengan pemahaman terhadap lingkungan sekitar kita seperti tanaman, binatang atau benda mati seperti air, batuan atau gejala alam seperti hujan atau panas, atau tentang ruang angkasa.

Hai ayah bunda, saya ibu yang suka bercerita apa saja tentang sekitar dengan anak saya. Anak pertama saya Muhammad Panglima Azkadia Putra usia 3 tahun. Dari Azka lahir saya selalu mengajak dia bercerita walaupun tentunya belum ada respon mungkin ayah bunda juga ada yang seperti saya. Belajar mengenalkan benda yang kita pegang atau kita lihat kepada anak sejak dini, otak mereka sudah merekam tentunya walaupun belum bisa mengerti benda apa itu dan untuk apa.

Kebiasaan itu terus saya lakukan sampai 

sekarang dan ternyata ada manfaanya lho. Saya jadi tahu kegemaran anak saya terhadap sesuatu. Ketika saya di rumah ataupun di luar rumah saya selalu mengenalkan sesuatu yang azka belum tau. Saat di luar rumah contohnya selama dalam perjalanan menuju suatu tempat apa yang kami temui saya ceritakan,misalnya saat mau naik mobil saya kenalkan ini namanya mobil berikut dengan warnanya. Lalu begitu mobil berhenti saat lampu merah saya kenalkan juga itu namanya traffic light. Saat lampunya berwarna merah kendaraan harus berhenti, dan saat lampu berwarna hijau silahkan jalan, dan satu lagi saat lampu berwarna kuning menyala kendaraan diharapkan jalan dengan hati-hati.

Kemudian setiap kendaraan yang kami temui di jalan saya kenalkan satu persatu, mulai dari kendaraan pribadi, umum, motor, mobil truk, sampai kereta api dan pesawat. Awalnya azka diusianya hanya diam seolah mengerti, tapi begitu usianya bertambah dan sudah mulai bisa bicara dia bisa meniru ucapan dia bisa membedakan jenis kendaraan. Usia 2 tahun azka sudah bisa mengenal warna, benda disekelilingnya, dan juga kendaraan berbagai jenis yang pernah ditemui. Kalau saya tidak heran karena saya mengenalkan itu semua sejak azka belum bisa bicara, cuma orang-orang yang baru bertemu azka agak sedikit kaget dengan kemampuan azka mengenal berbagai jenis kendaraan.

Sejak itulah saya jadi tahu minat azka terhadap kendaraan khususnya mobil sangat besar, berbagai jenis kendaraan jadi koleksinya di rumah. Kalau dulu mainan selalu di belikan ayah bundanya sekarang azka selalu yang memilih mobil apa yang mau dia beli. Jangan heran kalau satu jenis mobil bisa berbagai ukuran. Dari mobil sedan, Jeep, polisi, ambulans sampai mobil truk pengangkut semen, kayu, bbm dan excavator juga ada. Dan jenis kendaraan lain juga ada seperti kereta api, pesawat, helikopter, motor, sepeda dan kapal laut. Tidak hanya mengenal jenis kendaraannya saja tapi pelan-pelan dia juga mengenal bagian-bagian dari kendaraan itu seperti yang umum saja contoh kaca mobil,kaca spion, lampu besar atau lampu sign dll.  Hasilnya jadi kotak mainan azka sudah banyak sekarang. Hehehe. Kebayangkan bunda repotnya beresin mainannya. Awalnya sangat repot tapi demi rasa ingin tahunya saya biarkan saja dulu. Pelan-pelan kemudian saya ajarkan juga bagaimana cara membereskan mainannya sendiri, supaya dia juga ikut bertanggungjawab terhadap barangnya sendiri.

Inilah sedikit sharing saya sebagai ibu yang  memanfaatkan waktu bersama sikecil dengan menstimulasi mengenalkan berbagai benda yang berada di sekitar kita.

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :