Oleh : Lisah
Tanggal Upload : 28 Oktober 2016
Usia Si Kecil : 7 Tahun
Apakah Aku? Ayo Temukan Aku
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan linguistik adalah kecerdasan yang menekankan kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa dalam kegiatan berbicara, membaca dan menulis.

Saya adalah seorang ibu dengan 2 anak. Sebagai orang tua, mempersiapkan masa depan yang cerah adalah hal yang penting. Asupan nutrisi yang menunjang tumbuh kembang mereka, sangat saya perhatikan. Sebagai seorang ibu, merupakan hal yang patut saya syukuri karena dengan demikian saya dapat melihat tumbuh kembang mereka dan dapat setiap saat memberikan stimulasi yang tepat demi perkembangan kecerdasan majemuk mereka.  Saya selalu memberikan stimulasi dengan cara bermain sambil belajar sesuai dengan tingkat usia mereka.

Anak kedua saya bernama Natasya Lisyan biasa dipanggil Nia usia 4 tahun. Dia dan kakaknya sering bermain bersama. Kadang kakaknya berperan mengajar dan memberikan tugas seperti layaknya seorang guru dan adiknya berperan seperti seorang murid yang sedang belajar. Melihat keakraban mereka saya mendapat ide yang berjudul “Apakah Aku? Ayo Temukan Aku”. Caranya sangat mudah dan semoga dapat menjadi ide bagi bunda yang lain.  Dalam hal ini, peran kakaknya dapat digantikan oleh bunda atau orang lain jika si kecil kebetulan tidak memiliki kakak.

Alat yang dibutuhkan:

-         Benda – benda yang ada di rumah untuk menjadi benda yang akan di tebak oleh si kecil, jadi bendanya dapat bervariasi. Kali ini saya memakai batu, daun, bunga, dan Chil go.

-         Kertas yang bertuliskan nama benda yang tadi untuk dibaca oleh kakaknya.

-         Sapu tangan untuk penutup mata si kecil

Usia anak: 4 tahun ke atas

Tempat: bisa di dalam maupun di luar ruangan yang pasti bebas dari meja, kursi dan sebagainya sehingga aman untuk si kecil

Waktu: saat santai

Cara bermain:

-         Si kecil matanya ditutup menggunakan sapu tangan.

-         Kakak membaca tulisan yang tadi sudah disiapkan, jika kakak melihat tulisan misalnya batu, kakaknya mendeskripsikan batu misal aku berbentuk padat, warnaku hitam. Lalu bertanya kepada si kecil, apakah aku? Dan si kecil memberikan jawabannya.

-         Kemudian kakaknya mengarahkan di mana letak benda tersebut berada dengan cara memberitahukan jumlah langkah yang diperlukan dalam maju, mundur, ke kiri dan ke kanan kepada adiknya.

-         Lalu adiknya berjalan sambil berhitung sesuai yang diberitahukan oleh kakaknya. Setelah sampai tujuan, si kecil mencari dan mengambil bendanya.

-         Kemudian bendanya ditaruh lagi dan si kakak kembali membimbing adiknya sampai di tempat semula dan bersiap untuk tebakan selanjutnya.

Tujuan dari permainan ini cukup banyak dan dengan permainan yang simple ini kita dapat mengembangkan beberapa kecerdasan majemuk anak sekaligus, yaitu:

-         Kecerdasan lingustik: dengan membaca tulisan benda yang ada, kakak mendeskripsikan benda  tersebut dan adik pun berdasar yg dideskripsikan memahami dan menyebutkan nama benda yang di maksud.

-         Kecerdasan logical matematik: kakak mengira – gira berapa langkah yang harus dilakukan oleh adiknya dan si adik melangkah sambil berhitung sesuai dengan yang diinstruksikan sehingga dapat mendapatkan pemecahan masalah yaitu mencapai tempat dimana benda tersebut berada.

-         Kecerdasan Visual spatial: kakak memahami ruang yang ada, menginstruksikan adiknya untuk maju, mundur, ke kiri dan ke kanan dalam upaya memperoleh benda yang tadi ia sebutkan. Adik pun dapat terlatih kecerdasannya dalam pemahaman ke kiri dan ke kanan tersebut.

-         Kecerdasan kinestetik : dengan bergerak maju, mundur, jongkok, berdiri, si kecil dapat terlatih kecerdasan kinestetiknya.

-         Kecerdasan interpersonal: dengan permainan ini dapat menjalin kerjasama dengan orang lain, saling memahami keadaan satu sama lain, memupuk kepercayaan kepada seseorang sehingga ia mau bergerak melangkah sesuai dengan yang diinstruksikan.

Dengan permainan tersebut dibutuhkan konsentrasi dan penggunaan indera si kecil. Setelah permainan selesai, tak lupa saya memberikan Morinaga Chil Go, susu kesukaan mereka. Demikian ide saya dalam mengembangkan kecerdasan majemuk si kecil. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada video di bawah ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

 

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :