Oleh : tan yung yung
Tanggal Upload : 30 September 2016
Usia Si Kecil : 7 Tahun
aku suka chil-go
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan visual spasial merupakan kecerdasan dalam berpikir dan belajar dengan gambar-gambar, memahami bentuk, pola, posisi, dan ruang suatu objek, termasuk untuk berpikir secara kreatif.

Melihat anak bertumbuh sehat dan cerdas adalah impian setiap orang tua. Karena itu sejak anakku dalam kandungan aku telah membekalinya dengan asupan gizi terbaik, dan selalu mendoakannya.

Sekarang Yitzhak Yehuda sudah berusia 3 tahun. Yehuda (sapaannya) suka sekali bermain robot-robotan. Jika ditanya Yehuda nanti besar ingin menjadi apa? Ia selalu menjawab ingin menjadi pembuat Robot, hahaha....

Beberapa hari yang lalu Yehuda bermain senter. Tiba-tiba Yehuda berkata "Mama lihat ada matahari" sambil ia menunjuk ke plafon rumah yang terang karena sorot lampu senter yang sedang dimainkannya. Lalu ia mematikan senternya dan berkata "Mama lihat sudah malam, mataharinya sudah tidak ada lagi"

Apa yang dilakukan Yehuda memberi kami ide untuk membuat video ini.

Sebagai Mamanya, saya melihat kecerdasan yang dimilikinya, ia dapat menyusun lego menjadi berbagai bentuk, seperti kue ulang tahun, robot, rumah, dll. tentu saja yang paling disukainya adalah menyusun bentuk ROBOT, haha.... Yehuda kecil juga suka bermain musik.

Untuk mengoptimalkan pertumbuhannya, kami memberinya makanan empat sehat yang disempurnakan dengan susu Chil School Platinum dan Chil Go (Yehuda paling suka Chil Go coklat). Selain makanan bergizi kami sebagai orang tua juga mendidiknya untuk mengenal Tuhan dan mengajarinya berdoa.

Menurut kami, stimulasi kecerdasan sangat penting, tetapi yang tidak kalah penting adalah memberinya bekal moral yang baik, seperti berbagi makanan dengan sepupunya, berbagi mainan, jika berbuat salah harus meminta maaf, jika menerima sesuatu harus mengucapkan terima kasih.

Hukuman kecil kadang diperlukan untuk mendisiplinkan Yehuda. Setelah memberinya hukuman kecil kami selalu memeluknya, hal ini bertujuan agar Yehuda tetap merasa dikasihi walaupun ia harus dihukum, misal : karena memukul sepupunya kami tidak mengizinkan Yehuda bermain sepeda.  Ia mungkin menangis, tetapi hukuman tetap berjalan.  kami akan berusaha menjelaskan apa kesalahannya, lalu kami akan memeluknya, agar ia mengeti dan tidak mengulangi kesalahannya. Rasa aman dan disayang sangat penting untuk pertumbuhan psikologinya.

Kami menstimulasi kecerdasannya dengan memberinya:

1. mainan lego dimana ia dapat bebas berkreasi membuat berbagai bentuk dari imajinasinya

2. alat musik sederhana seperti keyboard mini, gitar mini, drum mini

3. mendengarkan lagu anak-anak ataupun instrumen untuk membangun kecerdasan intelektualnya.

4. buku dan alat tulis mewarnai

5. alat peraga berupa huruf abjad, angka dan gambar untuk bermain tebak huruf, angka dan gambar.

6. mengajarinya bahasa inggris sederhana, misal kami menunjukkan gambar ikan lalu Yehuda menyebutkan bahasa Indonesia dan bahasa Inggrisnya

7. membacakannya buku cerita anak-anak.

dan lainnya.

Kami berdua bekerja. Pulang kerja dan hari libur kami selalu menemaninya brmain dan belajar. Setia perkembangan Yehuda terasa sangat berharga bagi kami.  Kami menyadari ini adalah masa keemasan pertumbuhannya. Membiarkannya bermain secara bebas tetapi tertib. Jam makan Yehuda harus makan, jam tidur siang Yehuda harus tidur siang, jam mandi harus mandi, dll.

Tahun depan Yehuda akan mulai bersekolah. Bertumbuhlah secara optimal Yehuda dan jadilah bintang yang selalu bersinar.

 

 

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :