Oleh : Novilia Santri
Tanggal Upload : 25 Agustus 2016
Usia Si Kecil : 9 Tahun
Aku Bisa
Tipe Kecerdasan:
Kecerdasan intrapersonal adalah kecerdasan yang dimiliki seseorang untuk dapat memahami dan mengenali diri sendiri.

 

Setiap anak memiliki potensi kecerdasan dalam dirinya. Orangtua merekalah yang berperan penting untuk menemukan potensi kecerdasan apa yang dominan pada buah hati mereka, sehingga bisa memberikan stimulus yang tepat untuk bisa mengoptimalkan kecerdasan tersebut. Seperti anak kami Habibi, pada waktu berusia 5 tahun kami membawanya untuk berkunjung ke salah satu tempat praktek psikolog di Kota Kami Bandar Lampung untuk melakukan test potensi kecerdasannya. Hasilnya dari 8 jenis kecerdasan, Habibi paling dominan pada kecerdasan Intrapersonal disusul kecerdasan verbal linguistik.

Kecerdasan Intrapersonal merupakan kemampuan seseorang dalam memahami, menganalisa dan merefleksikan diri sendiri, mengenali kekuatan dan keterbatasan diri, serta menyadari perasaan, keinginan, harapan, dan tujuan hidupnya. Seorang anak yang memiliki kecerdasan ini akan mengetahui kekuatan dan kelemahannya, suasana hatinya, temperamennya, keinginannya, dan motivasinya.Berbeda dengan tipe lainnya, perwujudan tipe kecerdasan ini membutuhkan perpaduan dengan tipe kecerdasan lainnya.

Pada Kesempatan ini saya akan berbagi ide yang bertujuan mengoptimalkan kecerdasan Intrapersonal anak seperti yang kami terapkan pada anak kami Habibi. Cara ini sekaligus disinergikan untuk mengoptimalkan kecerdasan verbal linguistiknya.

Pertama. Kami sering melibatkan Habibi dalam berdiskusi untuk meminta pendapatnya.

Kedua, Kami ajak Habibi untuk mengenal dirinya. Kami biarkan ia bebas berekspresi ketika senang, sedih, gembira, sakit, kecewa, marah, tidak suka dll.

Ketiga, Kami ajak ia membahas apa kekuatan dan kelemahannya. Kemudian memberikannya kesempatan untuk membuktikan kemampuannya. Melalui cara ini Habibi kami jelaskan bahwa Ia memiliki kemampuan atau kecerdasan verbal linguistik, jadi kalau ia bicara orang mudah memahami dan menyukai cara bicaranya. Kami sepakat untuk membuktikannya. Bagaimana caranya? Kami motivasi ia untuk mengikuti berbagai perlombaan yang menonjolkan kemampuannya ini. Yaitu Lomba bercerita, dan lomba ceramah. sebelum berlomba, ia latihan dirumah dengan materi sederhana yang umi buatkan untuknya. Ia praktekkan di depan umi abinya, tante dan sepupunya. setelah dikatakan bagus, ia semakin semangat untuk bisa mengikuti perlombaan-perlombaan tersebut.

Mengikuti perlombaan yang menantang kemampuan anak, sangat berguna untuk menumbuhkan rasa percaya diri mereka (Jika menang), namun jika Kalah...kita harus menjelaskan pada mereka kalah bukan berarti Buruk, namun ternyata teman yang menang lebih bagus darinya karena ia lebih sering latihan. Kekalahan dan kegagalan juga merupakan proses belajar dan latihan agar menjadi lebih baik, ini akan menumbuhkan semangat pantang menyerah, semangat berjuang, dan mental juara pada anak kita.

Cara ini ternyata efektif membuat habibi mengerti akan potensi yang ia miliki, mengerti akan kelebihan ia miliki, dan juga kelemahan apa dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk saat ini, ia sudah mengerti apa cita-citanya? kenapa ia harus belajar? kenapa ia harus berani tampil? ia mengerti kelemahannya yang kurang disiplin sekaligus tau cara mengatasinya (kita buat jadwal aja ya umi...).

semoga dengan kecerdasan intrapersonal yang dimilikinya akan menjadi bekal untuk Masa Depan Cemerlang. Seperti morinaga Chil Go yang memberikan kesempatan bagi orangtua untuk berbagi ide sekaligus mendapatkan peluang untuk memenangkan hadiah asuransi pendidikan. Ketia Umi jelaskan pada Habibi bahwa uminya sedang mengikuti program BMD Chil Go (maka Habibi sangat bersemangat untuk terus memotivasi uminya untuk terus berusaha membagikan ide-ide (celotehnya...ga usah bingung umi...umi ceritakan aja apa yang umi ajarin ke Abang dan Ahi...umi harus semangat, kata umikan yang penting usaha dulu mi, Abang akan berdoa semoga umi menang, kan hadiahnya untuk Abang dan Ahi), dan yang pentingkan Abang memang suka Chil Go sebagai bekal sekolah dan Tekwondo Abang mi..

Salam semangat mempersiapkan bekal masa depan anak

 

Bagikan ide kreatif mu ke teman-teman untuk memperbesar peluang Ayah atau Bunda terpilih menjadi pemenang.
Total Views :