Mempersiapkan Masa Depan Pendidikan Anak

Anak adalah harta berharga bagi setiap keluarga. Orang tua mana pun pasti ingin memberikan yang terbaik dan mempersiapkan bekal masa depan untuk buah hati. Selain perhatian, kesehatan, dan lingkungan, pendidikan yang baik akan menjadi bekal masa depan paling optimal. Dengan bekal masa depan ilmu yang baik, anak bisa tumbuh dan berkembang serta menjadi apa saja yang dicita-citakannya.

Sayangnya, pendidikan yang baik saat ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Seperti halnya orang tua lain, Ayah dan Bunda pasti ingin anak dididik oleh pengajar profesional yang kualitas dan pengalamannya tidak diragukan lagi dan belajar di tempat yang nyaman, aman, dan kondusif. Ayah dan Bunda juga pasti ingin anak mendapatkan sarana pembelajaran yang baik, misalnya buku-buku, alat praktik di laboratorium, komputer, dan lain-lain.

Survei yang dilakukan terhadap sejumlah sekolah swasta di kota Jakarta menggambarkan rata-rata biaya pendidikan di Indonesia naik sebesar 7% -15% per tahun. Inflasi pendidikan ini adalah sesuatu yang nyata. Dengan demikian, mari siasati dengan cerdas dan bijak dana pendidikan yang angkanya sangat fantastis itu agar di kemudian hari, ongkos tersebut tidak menjadi beban untuk Ayah dan Bunda. Terlebih untuk dana pendidikan universitas, uang pangkal yang saat ini mungkin berjumlah Rp50.000.000 bisa berkembang menjadi Rp400.000.000 dalam waktu 15 tahun kedepan. Hal ini dapat terjadi akibat adanya tingkat kenaikan harga tersebut. Untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, berikut langkah-langkahnya.

Pertama, Ayah dan Bunda sebaiknya sudah harus mulai mendiskusikan pendidikan anak sejak sang anak masih dalam kandungan. Lakukan survei dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada atau datang ke pameran pendidikan yang mulai banyak diselenggarakan.

Kedua, berdasarkan pilihan favorit orang tua dan anak, lakukan riset kebutuhan biaya pendidikan untuk tahun ini. Pahami bahwa biaya pendidikan tahun ini kemungkinan besar akan meningkat setiap tahunnya, sehingga saat anak masuk sekolah nilainya akan bertambah besar.

Ketiga, sesuai kebutuhan dana yang sudah dihitung, silakan periksa tabungan atau investasi yang sudah disiapkan. Apakah sudah cukup? Jika angkanya masih lebih kecil dari yang seharusnya, jujurlah pada diri sendiri bahwa sekaranglah saatnya merevisi rencana dana pendidikan.

Keempat, periksa apakah keuangan keluarga sudah terlindungi. Menabung dan berinvestasi akan terasa mudah dijalankan oleh keluarga yang masih produktif dan mendapatkan penghasilan. Risiko kematian di usia produktif atas pencari nafkah atau orang tua dapat terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, perlindungan asuransi jiwa sangat penting dalam perencanaan dana pendidikan.

Morinaga Chil-Go! juga meyadari bahwa biaya pendidikan tidaklah murah, dan seiring berjalannya waktu biaya pendidikan akan terus naik. Sadar akan hal tersebut, Morinaga melalui program Bekal Masa Depan Chil-Go! turut memfasilitasi dan membantu Ayah dan Bunda untuk mempersiapkan dana pendidikan Si Kecil sejak dini. Ayah dan Bunda dapat menghitung kisaran dana pendidikan yang dibutuhkan untuk Si Kecil melalui kalkulator financial perhitungan dana pendidikan Si Kecil yang sudah di siapkan oleh Morinaga Chil-Go!. Kalkulator Financial tersebut dapat Ayah dan Bunda akses di sini

Melalui program Bekal Masa Depan Chil-Go!, Ayah dan Bunda berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah senilai 3 Milyar Rupiah dalam bentuk dana asuransi pendidikan untuk Si Kecil. Bekal masa depan yang terbaik merupakan hak anak. Mari para orang tua persiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin, agar hak anak yang menjadi tanggung jawab orang tua dapat terpenuhi dengan baik. Live a beautiful life!

Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GcertFinPlanning, CFP, QWP
Perencana keuangan independen dari ZAP Finance
Penulis buku Menjadi Cantik, Gaya, & Tetap Kaya
Penulis buku Make It Happen!
Nara sumber keuangan di media cetak, televisi, dan radio nasional.